TIPS SEDERHANA AGAR PUASA DI BULAN RAMADHAN BERJALAN LANCAR

Endang Tarot

Endang Tarot

“Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan … semoga laku puasa kita mampu memancarkan cahaya cinta dan kasih untuk sesama, kedamaian untuk semesta dan mendapat ridho dari Allah SWT”.

Nah, mengawali tulisan saya ini ada pertanyaan seputar ibadah puasa Ramadhan. Pertanyaannya : Apakah di awal puasa anda mengalami rasa lemas atau lapar yang luar biasa? Saya yakin sekali jawabannya sebagian besar adalah ya! ..namun bagi anda yang terbiasa menjalankan laku puasa sunah seperti puasa Senin-Kamis, puasa nabi Daud, puasa hari lahir dan lain-lain tidak akan merasakan beban fisik seperti lapar dan haus yang berat hingga terasa lemas.
Lantas, apa yang harus dilakukan jika perut terasa lapar atau keroncongan dan haus yang teramat sangat sementara magrib masih jau?…
Saya ingin berbagi tips agar anda bisa lebih kuat lagi dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa sehingga bisa meningkatkan kualitas lahir dan batin. Semoga bermanfaat.

Berikut tips sederhananya :

1. Ikhlaskan diri anda dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT.
2. Jika lambung anda mulai terasa perih dan tengorokan anda terasa kering cobalah cari posisi yang nyaman untuk duduk tenang dan hening sejenak lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan.
3. Tarik nafas lagi dalam-dalam..kemudian tahan nafas di perut bawah (jangan dihembuskan sampai anda tidak kuat lagi menahannya ..setelah itu buang nafas perlahan-lahan). Usahakan saat tahan nafas mata dalam keadaan terpejam dan pandangan mata ada di posisi mata ketiga (ditengah-tengah antara 2 mata agak naik sedikit hampir sejajar dengan alis). Dalam kondisi ini gemakan/suarakan dalam batin anda permohonan atau doa yang indah untuk keseimbangan lahir dan batin anda.
4. Usai melakukan ‘latihan hening’ ini kedua telapak tangan anda yang masih menyimpan energi positif gosok-gosok lalu kedua telapaknya mengusap seluruh wajah dan tubuh anda (ada yang percaya kalau cara ini diterapkan juga bisa membuat wajah bercahaya dan awet muda). Yakinlah, jika ini bisa anda lakukan dengan baik anda akan merasakan energi tambahan merambat dalam diri anda (jadi tidak perlu sahur yang membabi-buta). Bahkan anda akan makin peka untuk beberapa hal diluar perkiraan anda. Selamat mencoba..

Salam Cahaya
Endang Tarot

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s