MELUKISLAH …DAN BIARKAN HATI ANDA YANG MENUNTUNNYA

Ketika anda melihat sebuah lukisan yang indah pasti ‘rasa’ tertinggi anda akan terbawa ke dalamnya. Jika anda memang pecinta karya seni lukis dan selama ini hanya bisa mengagumi karya orang lain, bagaimana kalau sekarang anda mulai membuka potensi diri anda yang terpendam untuk menuangkan apa yang anda bayangkan tentang keindahan ke dalam bentuk lukisan di atas kanvas dengan media cat minyak atau cat air?…jika anda merasa itu mustahil dan sulit untuk melakukannya maka sebenarnya rasa itu datang dari rasa takut untuk mencoba dan memulai hal yang baru. Jika anda merasa siap untuk mencobanya, maka yang anda butuhkan untuk menjadikan imajinasi anda  berpadu dengan rasa tertinggi kemudian tertuang dalam bentuk karya lukisan adalah dengan mempersiapkan kanva, kuas, cat minyak dan obyek lukisan yang sudah anda tentukan sendiri. Kalau perlu anda meletakkan contoh gambarnya  dalam bentuk foto yang bisa anda lihat setiap saat. Teruslah mencoba dan jangan takut salah memberikan warna. Perhatikanlah, dalam prosesnya anda akan mengalami berbagai hal yang menurut anda masih belum tepat atau tidak sesuai komposisi warna atau bentuk. Dengan terus berlatih dan mencoba anda akan menjadi mahir dan dapat menunjukkan karakter lukisan anda. Jika anda tekun dan mengembangkan kemampuan dan bakat seni yang terpendam ini, tdak mustahil anda akan mejadi seorang pelukis profesional. Tuhan maha Adil dengan memberikan bekal dalam diri setiap manusia dengan beragam bakat yang terpendam.

TIDAK ADA YANG MUSTAHIL JIKA KITA MAU MENCOBANYA

Saya sendiri memulai melukis pada tahun 2002 berawal dari kekaguman melihat sebuah foto bunga Carnetion warna orange yang terlihat begitu segar dengan latar belakang hijau dedaunan yang segar. Hati saya pun tergugah untuk mulai melukisnya. Saya yakin jika saya mau dan berani mencobanya maka saya bisa membuktikan apakah saya bisa atau tidak. Entah kenapa dorongan untuk melukis semakin kuat dalam diri saya. Terlebih saya sering teringat dengan kata-kata ayah saya ketika beliau masih hidup bahwa suatu hari kelak saya bisa menjadi seorang pelukis yang memiliki kemampuan melukis secara otodidak. Semua ucapan almarhum ayah saya sudah terbukti. Sejumlah pameran bersama pelukis ternama di Indonesia sudah saya ikuti dan kini hasil karya lukis saya sudah dikoleksi oleh sejumlah tokoh dan selebriti tanah air. Walau begitu, hingga saat ini saya masih terus belajar dan mencoba membuat karya yang bisa menjadi sesuatu yang berharga kelak.

MELUKISLAH DENGAN KEHENINGAN BATIN DAN KEKUATAN ‘RASA’

Setiap akan memulai aktivitas melukis saya selalu melakukan ritual dahulu. Diantaranya berdoa, berdzikir lalu meditasi sekitar dua puluh menit. Situasi Saya melakukan ini karena berharap mendapatkan inspirasi yang indah penuh kelembutan yang berasal dari ‘rasa, karsa dan cipta’ tertinggi sebagai anugerah dari Sang Maha Pencipta. Mengapa kita perlu hening sebelum menciptakan sebuah karya?…karena sesungguhnya dalam keheningan kita akan mampu menangkap sesuatu yang berasal  dari inti ‘rasa’  dari Sang Pemilik Kehidupan dan mewujud dalam bentuk dorongan energy dan menjadi sebuah inspirasi yang ingin dituangkan lalu terlahir menjadi sebuah karya  murni.  Coba dan wujudkan…..anda pasti bisa jika anda mau melakukannya.

Jakarta, 16 Oktober 2012

Salam Cahaya,

Endang Widiastuti R.

HP      : 081298227607

email : endang_hp69@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

