HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

Seorang ibu, sebut saja ibu Dharma datang ke tempat praktek saya di Kalibata City Square untuk kesekian kalinya…ia bercerita tentang deritanya yang begitu dalam. Setiap kali ia bercerita mata saya pun berkaca-kaca membayangkan betapa hatinya menderita :’-( ..ibu tiga anak ini mengaku merasa lega jika sudah bercerita semua pada saya karena beberapa kali saya mengingatkan tentang sesuatu hal dan ternyata semua terjadi dan ia alami.

Dalam kegetiran hadapi ujian hidupnya, kini perlahan ia mulai optimis karena satu persatu masalahnya terurai..ia mulai semangat kembali dan bisa tersenyum lagi berkat dukungan 3 puteranya dan suami tercinta yang tetap berharap ia kuat melalui semua permasalahan. Ia rela melepas semua hartanya, melepas jabatannya, melepas rumah impiannya dan memulai kehidupan baru yang lebih damai. Ia menyadari bahwa semua hanya titipan dan ibu Dharma menyadari bahwa hikmah yang ia dapatkan begitu besar. Ia makin mengerti betapa tidak ada yang abadi apa pun yang kita miliki. Ia jadi  mengerti betapa anak-anak dan suaminya amat mencintainya. Ia juga mengatakan dalam kesulitannya yang begitu menghimpit ia bersyukur masih memiliki sepupu dan sahabat yang begitu baik padanya. Ibu Dharma memeluk saya untuk kesekian kalinya. “Mbak jangan bosan ya mendengar kesedihan dan keluhan saya ” …dengan suara lirih dan tercekat saya meyakinkan ibu Dharma, bahwa manusia dilahirkan untuk saling tolong menolong, nasehat-menasehati dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan dan menetapkan kesabaran. Ibu Dharma pun pamit dan mengucapkan mohon maaf lahir batin sambil menitipkan secarik kertas putih dan meminta saya untuk mengambil di tempat yang sudah ditentukan. Hati saya tergetar..saya  tahu ibu Dharma ingin berbagi bahagia karena hidupnya kembali memiliki secercah harapan..dan saya melihat ada Cahaya kemilau dimatanya. Saya terharu …dalam situasi seperti ini ia masih ingin membahagiakan orang lain.

Menurut saya, bukan hanya ibu Dharma yang mendapatkan hikmahnya …saya yakin semua yang terlibat dalam masalahnya ikut tercerahkan. Bahkan saya pun mendapatkan banyak pelajaran berharga dari setiap kisah hidupnya.

Salam Cahaya

Endang Tarot
HP : 0812-98227-607
Email : endang_hp69@yahoo.com

2 thoughts on “HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

Tinggalkan Balasan

