‘SABAR’ SATU KATA BERIBU MAKNA

‘SABAR’   SATU KATA BERIBU MAKNA

Banyak dari kita berusaha mendefinisikan kata ‘Sabar’. Walau hanya  satu kata tapi sarat dengan pembelajaran hidup yang luar biasa bahkan tak jarang menguras air mata. Hampir setiap orang akan mengalami kendala dalam berbagai sisi dalam mengendalikan kesabarannya. Ia bisa saja bersabar dalam satu hal tapi gagal dalam ujian kesabaran pada persoalan yang lain.  Sabar ada yang mengartikan menerima dengan sepenuhnya apa pun yang terjadi dalam kehidupan dan menjadikan sebagai bagian ujian kehidupan yang harus dilalui. Ada pula yang mengartikan sabar adalah berserah diri secara total atau sepenuhnya menerima penderitaan, permasalahan, ujian dan hal2 yang tidak enak atau kurang berkenan dalam kehidupan kita. Bagi saya kurang lebihnya sama saja. Semua berkaitan dengan ujian hati dan mendekati dengan rasa penderitaan batin jika itu dijadikan sebagai beban kehidupan dan bisa saja kita sebut ini sebagai neraka kecil saat di dunia.­

MASALAH DAN COBAAN BAGIAN DARI PENGGUGUR DOSA

Selama ini hampir sebagian besar client yang berkonsultasi pada saya menanyakan persoalan kehidupan yang dirasakan sangat membebani ketenangan batinnya. Ada yang menanyakan soal rumah tangga yang goncang, bisnis yang nyaris pailit, kisah percintaan, karir, keuangan, past life, tragedi kehidupan dll. Semua kisah itu saya rasakan sangat menguras hati dan kesabaran client saya. Namun jika setiap kita yang mengalaminya mampu mengurai satu persatu masalah dan dapat menyikapi dengan bijak maka sesungguhnya persoalan itu tidak akan membuat diri kita  terseret terlalu jauh.  Saya yakin tidak ada air mata yang terus menerus mengalir dan tidak ada penderitaan yang tak berkesudahan. Sang Maha Pencipta selalu ada dalam situasi apa pun dalam kehidupan kita. Sayangnya kita yang sering menjauh tanpa kita sadari karena tenggelam dalam mencari jejak-jejak kehidupan yang tak pasti. Bahkan penderitaan dan kedukaan yang kita rasakan memang datang untuk menjadikan kita sosok yang tangguh dan menjadikan kita siap untuk naik ke maqom yang lebih tinggi dan menjadikan penderitaan itu bagian dari pembersihan dosa-dosa di masa lalu dan sebagian meyakini sebagai pembayaran atas karma buruk yang pernah kita lakukan dikehidupan yang lampau sebelum yang sekarang.

** Masalah dan cobaan adalah bagian dari ‘penggugur dosa’. Dalam mutiara hadits di sebutkan : ” Tidaklah seseorang merasakan sakit di hina atau tertusuk duri kecuali Allah menggugurkan dosanya, bagai gugurnya dedaunan**

MELEPASKAN DIRI DARI KELEKATAN DUNIAWI

Sekedar berbagi apa yang saya dapatkan dari berbagai forum diskusi spiritual. Saya menemukan satu nasihat yang bagi saya sangat menguatkan batin saya sendiri yang juga tidak luput dari berbagai ujian kehidupan. Bahwa kita dianjurkan untuk bisa selalu menjaga agar batin ini bersih dan tidak lekat dengan segala KEINGINAN, PIKIRAN dan ANGAN-ANGAN. Ketiga hal ini ternyata cukup ampuh untuk menetralisir suasana hati yang sering up and down. Bahkan ini bisa mejadi satu sarana untuk bercermin diri dan menetralisir jika mendapatkan masalah. Misalnya saya dikhianati atau ditipu oleh seseorang, maka untuk menetralisir keadaan ini saya berusaha sekuat tenaga untuk menerima keadaan ini sebagai bentuk pembayaran atau pembersihan dosa. Mungkin dikehidupan yang ‘lampau’ saya pernah melakukan hal ini dan saya tidak bisa terhindarkan untuk menghadapi situasi seperti ini walau pun saya sendiri sudah mendapat sinyal untuk menjauh atau menghindar namun orang2 disekeliling saya tidak menerima tanda2 itu. Sehingga apa yang harus terjadi tetap saja saya ikut merasakan akibatnya. saya mulai mencoba lebih menerima hal-hal yang akan terjadi dengan lebih tenang. Sebelumnya saya sering gelisah dengan ‘penglihatan’ yang lebih dahulu saya dapatkan tentang sebuah peristiwa yang akan menimpa orang-orang terdekat  saya dan sangat tidak mengenakkan hati. Namun dengan terus mengolah batin dan bersabar dalam meniti tiap waktu  membuat saya lebih siap, bahkan dengan situasi yang menyudutkan sekali pun.

Ketika kita menemukan kejadian hidup yang sangat tidak kita duga dan tidak kita inginkan kadang kita merasa nyaris putus asa dan hidup terasa tidak berguna lagi. Berhati-hatilah, karena situasi kalut seperti ini akan dimanfaatkan iblis untuk merasuk dalam batin kita sehingga kita melakukan hal-hal yang tidak dikehendaki, nekat atau bahkan menjerumuskan dalam kehidupan yang penuh kenistaan. Banyak yang merasa terpuruk hidupnya dan merasa hancur karena persoalan cinta, pengkhianatan dan perselingkuhan, tragedi rumah tangga, keuangan yang teramat sulit dan terlilit hutang yang rasanya tidak ada jalan lagi untuk mengatasinya, bangkrut, jadi korban penipuan dll. Bermacam-macam persoalan yang saya sebut sebagai kiamat batin bagi yang sedang mengalaminya memang luar biasa menguras hati dan air mata. Namun tidak ada persoalan yang tidak ada penyelesaiannya. Semua dapat dihadapi dan dipecahkan asalkan semua pihak dapat tenang dan terus berdoa. Yakinlah bahwa sabar, ikhlas dan tawakal menjadi bagian terpenting dalam proses penyelesaian persoalan kehidupan.

PERTOLONGAN TUHAN DATANG MELALUI BERBAGAI CARA, BENTUK & WAKTU YANG TAK TERDUGA

Dalam situasi yang sangat terjepit dan ‘terkapar’ memang rasanya sangat menderita dan pertolongan terasa makin jauh dari harapan.  Sesungguhnya dalam situasi ini kita justru diajarkan secara batiniah melihat dengan jernih apa yang ada dalam kehidupan. Kita bisa melihat dan merasakan langsung hidup dalam situasi yang teramat sulit. Hal ini malah menciptakan kita menjadi manusia yang lebih peka dan memahami rasa dalam keterhimpitan yang tidak pernah diharapkan siapa pun. Kadang teman yang tadinya dekat menjadi menjauh dan tanpa kita duga-duga kita bisa ditunjukkan ada yang begitu peduli pada kita padahal dia hanya teman biasa saja. Kita jadi bisa tahu mana kawan, sahabat atau saudara yang peka dengan penderitaan kita. Disini kita juga bisa belajar untuk masa yang akan datang, jika Tuhan memberikan keberkahan pada kita dengan kemakmuran dan kelimpahan rezeki maka ulurkan bantuan dengan segera jika seseorang itu membutuhkan pertolongan kita, apalagi ia adalah orang yang begitu dekat dalam hidup kita maka jangan biarkan ia sampai memohon-mohon untuk mengetuk hati kita. Padahal permohonan atau permintaan tolongnya sudah menguras sebagian besar keberaniannya untuk berkata-kata dan meletakkan harga dirinya lebih rendah. Tolonglah jika kita memang diberikan Tuhan sarana untuk menolongnya. Seringkali orang bercerita panjang lebar tentang kebaikan hatinya, kemuliaan hatinya, namun ketika ia diuji benar-benar dengan datangnya orang meminta bantuan hanya untuk waktu sesaat menjadi panik dan menghindar dengan seribu alasan. Sesungguhnya ini menjadi bagian ujian hidupnya dan akan menyingkap tabir bagaimanakah keluasan hatinya menangkap penderitaan sesama. Dari sinilah   kita bisa melihat dan mengukur seberapa cemerlang hatinya.

Salam Cahaya

Endang Tarot

HP   : 0812-98227-607

email : endang_hp69@yahoo.com

8 thoughts on “‘SABAR’ SATU KATA BERIBU MAKNA

    • Terimakasih banyak mas Pasha sudah menyempatkan membaca tulisan saya. Salam untuk istri ya. Kapan2 kita kumpul2 dan bisa diskusi lagi tentang banyak hal. Salam dari mas Hendy.

      Salam
      Endang

  1. Salam kenal mbak. Saya menemukan blog ini secara tidak sengaja dan tertarik dengan tulisan mbak. Saya sendiri tidak terlalu berani untuk ingin mengetahui banyak tentang rahasia masa depan tetapi ingin banyak tahu kesalahan masa lalu yang bisa diperbaiki untuk kebaikan masa depan. Suatu waktu saya berharap bisa berkonsultasi dengan mbak.

    • Salam kenal kembali Pak Edi…
      Apa yang Pak Edi sampaikan memang ada benarnya juga. Dengan melakukan napak tilas pada kehidupan kita dimasa ‘lampau’ dan masa lalu akan membuat kita lebih berhati-hati menjalani kehidupan saat ini. Karena kita akan dapat menggali apa saja yang haru kita ‘bayar’ dan kita bisa memahami mengapa banyak peristiwa yang harus kita lalui. Hidup yang kita bangun di saat sekarang ini akan sangat besar pengaruhnya dengan kehidupan ke depan dan di masa kehidupan yang ‘akan datang’.

      Salam Cahaya

  2. Ke “SABARAN” atau SABAR sesungguhnya Adalah sebuah Ilmu yang di dapat setiap orang dari dia belajar, pengalaman, dan keimanan… so “sabar adalah suatu ikhtiar atau usaha yang baik dan tak pernah mengenal putus asa baik dlm menerima dan memberi dalm setiap kehidupannya” karena sabar adalah jalan keluarnya di setiap ujian. thksd syarifhidayat45@rocketmail.com

    • Dear Syarif Hidayat

      Betul sekali. Kematangan seseorang dalam hidup karena proses yang panjang dan ‘mengalami’ langsung sehingga proses belajar pun terus berlangsung. Belajar untuk Sabar, ikhlas dan berserah diri atas apa pun yang terjadi dalam hidupnya.

      Salam Cahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s